Analisa SWOT dalam perencanaan strategi usaha


Penggunaan analisa SWOT mutlak diperlukan untuk menentukan perencanaan strategi usaha, sehingga diharapkan nantinya hasilnya akan maksimal. Adapun analisa SWOT tersebut terbagi atas 2 analisa lingkungan, yakni:

  1. Analisa lingkungan eksternal, dalam lingkungan eksternal terdapat 2 hal yang perlu diperhitungkan yaitu:
    • Peluang, dalam hal ini yang dimaksud adalah adanya nilai daya tarik dari produk tersebut dan bagaimana kemungkinan keberhasilannya produk tersebut di pasar. Tentunya ini memerlukan produk yang mempunyai keunggulan kompetitif.
    • Ancaman, yang terbagi atas tingkat keseriusan dari ancaman tersebut dan bagaimana kemungkinan terjadinya ancaman tersebut.
  2. Analisa lingkungan internal, didalam lingkungan internal ada 2 hal yang perlu diperhatikan,adalah:
    • Kekuatan, ini untuk mengukur seberapa jauh suatu perusahaan mempunyai kekuatan untuk menguasai pasar. Kekuatan ini terbagi atas kekuatan utama dan kekuatan minor.
    • Kelemahan, pada kelemahan ini adalah seberapa besar suatu perusahaan dapat meng-eliminir kelamahannya ke tingkat yang minimal. Hal ini juga terbagi atas kelemahan utama dan kelemahan minor.
About these ads

One response to “Analisa SWOT dalam perencanaan strategi usaha

  1. artikel bagus..
    kebetulan lagi bikin makalah tentang materi yang sama
    izin copas
    makasih ya…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s