3 jenis pengendalian pemasaran


Terdapat 3 jenis pengendalian yang dapat dilakukan dalam pemasaran sebagai feedback. Ketiga jenis tersebut adalah:

  • Pengendalian rencana tahunan adalah tugas untuk memastikan perusahaan telah mencapai sasaran penjualan, laba dan sasaran lainnya dimana dilakukan dengan cara menyatakan sasaran yang terdefinisi, ukuran kinerja, menentukan penyebab kegagalan, dan memilih tindakan perbaikan antara sasaran dan kinerja.
  • Pengendalian profitabilitas adalah tugas pengukuran profitabilitas aktual dari berbagai produk, kelompok pelanggan, saluran distribusi, dan besarnya pesanan, sehingga diperlukan analisa profitabilitas pemasaran.
  • Pengendalian strategis merupakan tugas untuk mengevaluasi apakah strategi pemasaran sesuai dengan kondisi pasar saat ini, sehingga diperlukan suatu alat yaitu audit pemasaran.
About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s