Tipe Pemimpin Kharismatik


Untuk tipe jenis pemimpin ini tidak banyak literatur yang mengungkapkan secara banyak dan gamblang. Tipe ini dibuktikan dengan sejarah yang panjang dari pelaku pemimpin ini.

Pemimpin yang kharismatik adalah seseorang yang dikagumi oleh banyak pengikut meskipun  para pengikut tersebut tidak selalu dapat menjelaskan secara konkret mengapa orang tersebut dikagumi.

Seorang pemimpin yang kharismatik tidak mempersoalkan nilai yang dianut, sikap dan perilaku serta gaya kepemimpinan yang digunakan. Bisa saja dia menganut gaya yang otokratik atau diktatorial atau paternalistik atau demokratik, para pengikutnya akan setia untuk tetap mengikutinya.

Pemimpin yang demikian biasanya dibesarkan oleh adanya keadaan atau perlakuan sejarah yang terjadi di daerahnya atau negaranya. Dia akan tampil sesuai dengan masa dan jamannya. Sehingga pemimpin ini tidak dapat dicetak melalui institusi kependidikan atau sejenisnya.

About these ads

3 responses to “Tipe Pemimpin Kharismatik

  1. Okee makasih gan infonya… sangat membantu..

  2. menurut pendapat saya pemimpin yang seperti itu sudah sangat jarang ditemukanan. karena pemimpin dengan ciri khas seperti ada pada masa yang lampau dimana para pengikutnya hanya terpengaruh kepada banyaknya pengiklut nya saja tanapa didasari dengan alasan yang jelas, baik latar belaakang apa sebab musabab seseoprang mengikuti atau menganut kepemimpinannya atau apa maksud dan tujuan mengikuti pemimpin tersebuta pada umumnya tidak memiliki prinsip dan tujuan yang jelas. pendek kata hanya ikut-ikutan.

    Tipe pemimpin seperti tidak akan terpengaruh banyak pada situasi dan kondisi pada masa modern ini , dimana masyarakat di era global dapat mengakses informasi dimana baik melalui media cetak, media elektronik bahkan melalui media maya yaitu media internet.

    namun masih ada masyarakat yang berpendidikan menengah ke bawah yang senantiasa menganut dan mempertahankan pemimpin yang kharismatik itu selalu ada dihatinya. pemimpin yang kharismatik atau sejenisnya biasanya lahir ditengah -tengah masyarakat yang homogen yang latar belakang adat istiadatnya sama dan selalu kompak untuk mempertahankannya sampai tetesan darah terakahir. namun sekali lagi saya katakan bahwa tipe pemimpin seperti itu banyak pada masa-masa lampau, dan hampir dapat dipastikan di era globalisasi jarang sekali ditemukan.

    demikian komentar dari saya mohon maaf bila tidak berkenan. tq

    • Henky Hendrawan

      Secara teoritis hal ini memang perlu kita ketahui tentang pemimpin kharismatik. Dimana mungkin saat ini hanya sebagai bahan acuan atau bahan bacaan.
      Akan tetapi tipe ini bisa saja ada bila kondisi dan situasi memungkinkan. Mungkin tidak pada masyarakat perkotaan atau modern tapi pada masyarakat pedesaan atau tradisional ini masih terdapat tipe pemimpin seperti ini. Dan hal ini tidak dapat kita pungkiri.
      Dan mungkin perlu sebagai bahan masukan saja, tipe pemimpin ini tidak hadir ke pentas dari hasil pembelajaran, pembinaan dan penggojlokan. Tetapi tipe pemimpin ini lahir sebagai hasil dari tuntutan sosial masyarakat yang menginginkannya. (Maaf, sejarah bisa berulang kembali. Mungkin tidak sekarang tapi di masa mendatang dapat saja terjadi hanya bentuknya yang mungkin akan berbeda).
      Terima kasih.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s