Tipe Pemimpin Demokratik


Seperti diketahui bahwa tipe pemimpin ini adalah tipe pemimpinyang paling ideal diantara semua tipe pemimpin yang pernah kita ketahui dan dipelajari. Secara umum tipe pemimpin ini banyak dianut akan tetapi tidak selalu merupakan tipe pemimpin yang efektif dalam kehidupan organisasional.

Ditinjau dari persepsi tentang kehadiran atau keberadaannya dan peranannya, pemimpin yang demokratik biasanya memandang dirinya selaku koordinator dan integrator dari berbagai unsur dan komponen organisasi.

Pemimpin yang demokratik menyadari bahwa mau tidak mau oraganisasi harus disusun sedemikian rupa sehingga menggambarkan secara jelas aneka ragam tugas dan kegiatan yang tidak bisa tidak harus dilaksanakan demi tercapainya tujuan dan berbagai sasaran organisasi. Tapi tidak boleh dalam pemikirannya untuk menimbulkan cara yang bertindak yang berkotak-kotak.

Dalam organisasi, sifat yang timbul dari masing-masing satuan kerja adalah ingin merasa peranannya menjadi yang paling penting, paling strategis dan bisa juga paling menghasilkan. Untuk sampai kalangan tingkat tertentu hal yang demikian dapat dibiarkan tumbuh, akan tetapi untuk kalangan tingkat yang lebih tinggi, maka hal tersebut dapat menjadi kurang baik karena akan menimbulkan suatu persaingan yang tidak sehat sehingga dapat menyebabkan terhambatnya pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.

Nilai yang dianut oleh seorang pemimpin yang demokratik adalah adanya falsafah hidup yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. Sehingga penanganannya pun dilakukan dengan cara manusiawi.

Dengan demikian gaya kepemimpinan yang timbul adalah gaya pemimpin yang “people centered” karena menempatkan unsur manusia dalam posisi yang paling sentral di organisasi.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s