Ancaman terhadap suatu strategi perusahaan


Dalam menjalankan suatu strategi perusahaan baik dari tingkat atas hingga tingkat yang lebih rendah akan mengalami berbagai ancaman. Dan untuk itu perlu diketahui ancaman apa saja yang dapat mengganggu keberlangsungan pelaksanaan strategi perusahaan. Dan ancaman tersebut diantraranya adalah:

  • Kompetitor anda: Dalam kerangka waktu yang dipercepat seperti sekarang, para kompetitor anda akan mendahului sebelum anda menyadarinya. Bahkan dalam pasar yang terbilang stabil pun, kekuatan kompetitor anda merupakan target yang bergerak. Takkan ada kompetitor yang mau menunggu dengan sabar sampai anda membangun kembali prioritas strategis anda. Keunggulan kompetitif anda untuk waktu yang lama sebenarnya sedang menyusut dengan cepat, keberlangsungan hidup perusahaan anda bergantung pada faktor-faktor di luar kendali anda pada sebelumnya.
  • Para pemegang saham: Untuk program jangka pendek memang menggiurkan akan tetapi kemungkinan besar fatal. Kebutuhan akan keuntungan sesaat (jangka pendek) memaksa para pemegang saham ikut berperan dalam pengambil-alihan strategi perusahaan, rencana strategi yang telah disusun dengan matang dapat gagal dan pada akhirnya adalah kerugian atau kegagalan perusahaan untuk masa mendatang.
  • Karyawan sendiri: Didorong untuk “melakukan sesuatu”, fokus operasional mereka mungkin memaksa mereka menjawab segi ‘bagaimana’-nya tanpa mendefinisikan ‘apa’-nya. Dimana fokus yang bersifat spontan akan menggoda dan menjadikan pusat perhatian pada bagaimana sesuatu hal itu terselesaikan dengan cepat untuk jangka pendek, tanpa meninjau kembali visi dan misi dari perusahaan yang sesungguhnya.
About these ads

One response to “Ancaman terhadap suatu strategi perusahaan

  1. Apakah manager to bisa turun kbawah langsung.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s