Teknik analisa dalam analisis laporan keuangan


Dalam menganalisis laporan keuangan diperlukan beberapa teknik analisa diantaranya adalah:

  1. Analisa Perbandingan Laporan Keuangan. Teknik ini dipergunakan dengan cara memperbandingkan laporan keuangan minimal 2 periode atau lebih, dengan menunjukkan:
    • Data absolut atau jumlah dalam rupiah.
    • Kenaikan atau penurunan dalam jumlah rupiah
    • Kenaikan atau penurunan dalam prosentase
    • Perbandingan dalam ratio
  2. Analisa Tren (trend analysis). Analisa ini dipergunakan untuk mengetahui tendensi dari pada keuangan perusahaan. Apakah tendensinya naik, turun atau tetap? Dan analisa ini dinyatakan dalam prosentase.
  3. Analisa Komponen (common size analysis). Teknik analisa ini dipergunakan untuk mengetahui prosentase investasi dari masing-masing aktiva. struktur permodalannya, komposisi pembiayaan maupun pendanaan serta kaitannya dengan penjualan.
  4. Analisa sumber dan penggunaan modal kerja. Adalah suatu analisa untuk mengetahui sumber-sumber dan penggunaan modal kerja serta sebab-sebab perubahannya pada periode tertentu.
  5. Analisa sumber dan penggunaan kas. Suatu analisa yang dipergunakan untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya uang kas  berikut sumber-sumber kas.
  6. Analisa ratio. Adalah suatu teknik analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dari pada laporan keuangan serta kombinasinya.
  7. Analisa perubahan laba kotor. Suatu analisa yang dipakai untuk mengetahui sebab-sebab perubahan laba kotor secara realitis dan anggarannya (budget) dari laporan tersebut.
  8. Analisa Pulang Pokok (break event point analysis). Suatu teknik analisa yang dipergunakan untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai agar tidak menderita kerugian.
About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s