5 konsep untuk kegiatan pemasaran


Terdapat 5 konsep yang dapat dipilih oleh organisasi dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, yaitu:

Konsep Produksi

Konsep ini adalah konsep tertua didalam berbisnis. Dengan pengertian bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di banyak tempat dan murah harganya.
Manager yang berorientasi pada hal ini akan memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas.

Konsep Produk

Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, kinerja, dan perlengkapan inovatif yang terbaik.
Manager yang berorientasi pada konsep ini memusatkan perhatian pada usaha untuk menghasilkan produk yang unggul dan terus menyempurnakannya.
Konsep ini mengarah pada myopia pemasaran.

Konsep menjual/penjualan

Konsep ini menyatakan bahwa konsumen, jika diabaikan, biasanya tidak akan membeli produk dalam jumlah yang cukup dengan asumsi konsumen malas atau enggan melakukan pembelian.
Manager yang mempunyai orientasi padahal ini harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
Pada konsep ini memusatkan perhatian pada kebutuhan penjual dengan sibuk mengubah produknya menjadi uang tunai.

Konsep Pemasaran

Konsep ini menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan usaha adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
Dalam konsep ini lebih memusatkan pada kebutuhan pembeli dengan usaha menuangkan gagasan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan segala sesuatu yang berkaitan dengan penciptaan, pengiriman, dan akhirnya pengkonsumsian produk.

Konsep Pemasaran Bersetiakawanan Sosial

Konsep ini menyatakan bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Konsep ini mengajak pemasar membangun pertimbangan sosial dan etika dalam praktek pemasaran.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s