Jenis Permintaan dan Tugas Pemasaran


Ada 8 jenis permintaan yang menjadi tugas pemasaran, yakni:

  • Permintaan negatif, adalah jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk tertentu dan bahkan orang bersedia mengeluarkan uang untuk menghindarinya. Tugas pemasaran adalah menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut dan apakah program pemasaran yang terdiri dari perancangan ulang produk, harga yang lebih rendah, promosi yang lebih baik, dan dapat mengubah keyakinan dan perilaku pasar.
  • Permintaan nol, adalah konsumen sasaran mungkin tidak sadar atau tidak tertarik pada produk tertentu. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk tersebut dengan kebutuhan dan minat alami seseorang.
  • Permintaan laten, adalah banyaknya konsumen yang memiliki kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oelh produk yang sudah ada. Tugas pemasaran adalah mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan produk yang dapat memuaskan permintaan tersebut.
  • Permintaan menurun, adalah cepat atau lambat, setiap usaha akan menghadapi permintaan yang menurun pada satu atau lebih produknya. Tugas pemasaran adalah membalikan arah penurunan permintaan melalui pemasaran ulang yang kreatif.
  • Permintaan tidak teratur, adalah terdapatnya permintaan yang berubah-ubah secara musiman atau harian bahkan setiap jam, sehingga menimbulkan masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas. Tugas pemasaran adalah mencari jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi dan insentif lainnya. Ini yang disebut dengan synchromarketing.
  • Permintaan penuh, adalah bila perusahaan mengalami kepuasan dengan volume bisnis mereka. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan saat ini ditengah perubahan preferensi konsumen dan peningkatan persaingan.
  • Permintaan persaingan, adalah bilamana beberapa perusahaan mengalami tingkat permintaan yang lebih tinggi daripada yang didapat atau yang ingin mereka layani. Tugas pemasaran adalah mencari cara dan tujuan untuk mengurangi produk yang bersangkutan untuk sementara waktu dengan tidak merusak permintaan. Disebut juga dengan demarketing. Ada 2 demarketing yaitu: General demarketing, usaha mengurangi keseluruhan permintaan seperti peningkatan harga, pengurangan promosi dan pelayanan; dan Selective demarketing, usaha untuk mengurangi permintaan yang berasal dari pasar yang kurang menguntungkan.
  • Permintaan tak bermanfaat, adalah produk yang tak bermanfaat akan mengundang usaha yang terorganisir untuk mengurangi konsumsinya. Tugas pemasaran adalah merangkul orang-orang yang menyukai produk yang tak bermanfaat agar menghentikannya.

8 responses to “Jenis Permintaan dan Tugas Pemasaran

  1. Hmm… cukup dimengerti

  2. kok g da contoh”nya dari permintaan masing”

  3. kasih cintih di setiap masing” pengertiannya.

  4. Bisa diberikan contoh masing-masing merk produk diatas? Thanks.

  5. kok tidak ada pengertian permintaan laten

  6. Henky Hendrawan

    Baik. Saya coba untuk memberikan contohnya, yaitu: permintaan akan barang / bahan yang tidak diperbolehkan oleh undang-undang. (seperti narkoba, bahan aditive yang membahayakan, dll)
    Memang untuk dunia farmasi, bahan-bahan tersebut dipergunakan untuk meramu obat-obatan. Akan tetapi untuk masyarakat umum bahan-bahan tersebut kurang bahkan tidak banyak manfaatnya (merugikan). Sehingga tugas kitalah untuk memberikan informasi baik kepada pemakai ataupun yang belum untuk menghentikan bahkan tidak menggunakan bahan-bahan tersebut.
    Tugas inilah yang secara tidak langsung juga merupakan tugas pemasar.

  7. saya minta bahan atau penjelasan tentang unwholesome demand/permintaan tdk bermanfaat

  8. kalo sekedar uraian belum terlalu ngerti. Bisa dikasi contoh?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s