Mengejar strategi TQM


Banyak perusahaan yang mempunyai direksi yang berkualitas untuk memimpin usaha TQM (Total Quality Marketing). Itu dibutuhkan beberapa premis diantaranya:

  • Kualitas harus dirasakan oleh pelangan. Usaha kualitas harus dimulai dengan kebutuhan pelanggan dan diakhiri dengan persepsi pelanggan.
  • Kualitas harus dicerminkan dalam setiap kegiatan perusahaan. Tidak hanya dalam kualitas produk, tapi juga dalam kualitas iklan, pelayanan, literatur produk, penghantaran, dukungan purna jual dan lainnya.
  • Membutuhkan komitmen dukungan karyawan. Baik dalam motivasi maupun kegiatan seluruh karyawan.
  • Membutuhkan rekan-rekan yang berkualitas tinggi. Baik dalam kualitas rantai nilai dan kerjasama.
  • Kualitas selalu dapat ditingkatkan. Perbaikan yang berkesinambungan dan komparasi dengan pesaing merupakan hal dapat meningkatkan kualias.
  • Peningkatan kualitas terkadang membutuhkan lompatan jauh ke depan. Disamping peningkatan kualitas berkesinambungan, perlu juga untuk memberikan lompatan jauh ke depan untuk mengungguli para pesaingnya.
  • Kualitas tidak menambah biaya. Karena itu dibutuhkan perencanaan yang matang dan tepat untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas.
  • Kualitas  diperlukan tapi mungkin tidak memadai. Penentuan kualitas yang tinggi, belum tentu menentukan keunggulan dalam pesaingan.
  • Hasrat berkualitas tidak dapat menyelamatkan produk yang buruk. Untuk suatu produk yang buruk, bukanlah peningkatan kualtias yang dibutuhkan akan tetapi pembuatan produk baru yang berkualitas.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s