Rancangan organisasi (Organization Design)


Berikut ini rancangan organisasi ditinjau dari ketiga model dan teori, sehingga mencerminkan jiwa dan semangat dari masing-masing model tersebut:

  • Struktur Organisasi Model Traditional.

Struktur organisasi pada model ini adalah berbentuk piramida yang sanjgat runcing, walaupun terdapat beberapa variasi sesuai dengan jenis pekerjaannya. Ciri utamanya adalah terdapat pemisahan secara tegas antara pekerjaan thinking dan pekerjaan doing. Semakin ke atas piramida semakin dominan pekerjaan thinking dibandingkan doing. Sehingga yang terjadi adalah hubungan ke atas atau hubungan ke bawah. Hubungan ke atas adalah bersifat pertanggungjawaban sedangkan hubungan ke bawah adalah bersifat instruktif dan pengendalian.

  • Struktur Organisasi Model Human Relations.

Konsep inti dari struktur organisasi model human relation adalah struktur tentang keberadaannya, dimana pada model ini memberikan kebebasan para manager untuk mengembangkan teknik-teknik dan mekanisme-mekanisme yang akan membantu mereka dan bawahannya untuk menyesuaikan pada rintangan struktural, ketimbang menyediakan prinsip-prinsip yang akan menuntun rancangan struktur organisasi itu sendiri. Dengan demikian struktur model ini mengakui adanya struktur informal didalam organisasi dan mendukung berbagai macam off line.

  • Struktur Organisasi Model MSDM

Model ini berangkat dari anggapan bahwa orang lebih banyak self-direction dan self-control yang lebih kreatif daripada sekedar memenuhi tuntutan pekerjaan. Model struktur organisasi ini dirancang untuk lebioh fleksibel dan interaktif baik di tingkat strukturnya maupun pada posisi yang saling berinteraksi. Penetapan tujuan secara konsensus merupakan ciri yang menonjol pada model ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s