Lingkup kompetisi perusahaan


Ada 6 katagori lingkup kompetisi dimana sebuah perusahaan akan beroperasi, yakni:

  • Lingkup industri, ada perusahaan yang berkompetisi dalam satu industri saja, atau dalam industri yang terkait, atau dalam beberapa industri sekaligus, ataupun dalam industri apa saja.
  • Lingkup produk dan aplikasi, dalam lingkup ini perusahaan berkompetisi dalam sebuah produk dan dan aplikasi dari produk tersebut.
  • Lingkup kompetensi, perusahaan meneliti dan mengembangkan beberapa kompetensi utama dan kompetensi yang terkait yang dapat dijadikan sebagai bahan utama kekuatan produknya.
  • Lingkup segmen pasar, jenis pasar mana dan pelanggan yang mana yang akan dilayani merupakan tujuan perusahaan untuk dapat berkompetisi.
  • Lingkup vertikal, jumlah tingkat saluran dari bahan mentah sampai menjadi produk akhir serta distribusinya merupakan hal yang penting jika perusahaan ingin berkompetisi.
  • Lingkup geografis, jangkauan jarak, pulau, wilayah, dan negara merupakan satu sisi yang pelu diperhitungkan jika perusahaan ingin berkembang dan berkompetisi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s