4 Langkah meningkatkan kualitas dan kuantitas intelejen pemasaran


Terdapat 4 langkah bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas intelejen pemasaran,yaitu:

  1. Perusahaan melatih dan mendorong staf penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan yang terbaru. Staf penjualan adalah ‘mata dan telinga’ bagi perusahaan.
  2. Perusahaan yang kompetitif mendorong distributor, pengecer dan para perantara lainnya untuk menyampaikan data intelejen penting.
  3. Perusahaan membeli data informasi dari pihak luar. Tentunya perusahaan pengumpul data ini mempunyai data yang akurat dan terkini, hanya saja biasanya datanya bersifat umum dan bukan sesuatu yang rahasia.
  4. Beberapa perusahaan membentuk pusat informasi pemasaran internal untuk mengumpulkan dan menyebarkan intelejen pemasaran.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s