Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System)


Sistem Informasi Pemasaran terdiri dari orang-orang,peralatan, dan prosedur-prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisa, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi dengan tepat waktu, akurat, dan dibutuhkan kepada pembuat keputusan pemasaran.

Sistem Informasi Pemasaran (SIP) harus mewakili persilangan antara apa yang menurut para manager dibutuhkan, apa yang sesungguhnya mereka perlukan,dan apa yang layak secara ekonomis.

Tiga perkembangan yang menimbulkan informasi pemasaran adalah pemasaran global, penekanan pada keinginan pembeli, dan kecenderungan menuju persaingan bukan harga.

SIP mampunyai empat komponen yang dibutuhkan, yaitu:

  • Sistem pencatatan internal.
  • Sistem intelejensi pemasaran.
  • Sistem riset pemasaran.
  • Sistem pendukung keputusan pemasaran.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s