2 Metode utama menilai potensi pasar wilayah


Terdapat dua metode utama untuk menilai potensi pasar wilayah, yakni:

  1. Metode pembentukan pasar (the market-buildup method), biasanya digunakan khusus oleh para pemasar bisnis/perusahaan. Metode ini ditujukan untuk mengidentifikasi seluruh pembeli potensial dalam setiap pasar dan mengestimasi pembelian potensial mereka. Dan metode ini menghasilkan hasil yang akurat, hanya saja tidak mudak untuk memperolehnya. Untuk itu diperlukan sistem klasifikasi industri standar, analisa kejenuhan pasar, jumlah pesaing, tingkat pertumbuhan pasar, usia rata-rata produk.
  2. Metode indeks faktor (the multiple-factor index method), biasanya digunakan khusus untuk para pemasar konsumen/barang produksi. Karena banyaknya perusahaan konsumen yang didaftar maka digunakan sistem indeks baik untuk indeks pesaing yang ada dan yang akan masuk, indeks barang yang beredar, indeks biaya promosi, indeks daya beli pelanggan, indeks penghasilan pelanggan dan lainnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s