6 Kekuatan utama dalam situasi global


Ada enam kekuatan utama yang harus dipantau oleh perusahaan dalam menghadapi situasi global yang cepat ini. Kekuatan utama tersebut meliputi:

  1. Kekuatan lingkungan demografi, yang harus mendapat perhatian dalam hal ini adalah pertumbuhan populasi, bauran usia populasi, pasar etnis, kelompok pendidikan, pola rumah tangga, pergeseran geografis dalam populasi, pergeseran dari pasar masal ke pasar mikro.
  2. Kekuatan lingkungan ekonomi, yang mana yang menjadi perhatian adalah distribusi pendapatan dan tersedianya tabungan, hutang atau kredit.
  3. Kekuatan lingkungan alam, yang mana termasuk didalamnya adalah kurangnya bahan baku, meningkatnya biaya energi, meningkatnya tingkat polusi, dan peran pemerintah yang berubah.
  4. Kekuatan lingkungan teknologi, dimana perubahan teknologi yang cepat selalu membawa dampak pada kekuatan “perusak kreatif”, memberikan inovasi yang tanpa batas, anggaran penelitian yang selalu berubah dan beragam, meningkatnya peraturan atas perubahan teknologi serta konsekuensi jangka panjang yang tidak dapat diduga sebelumnya.
  5. Kekuatan lingkungan politik/hukum, ini berkaitan dengan konsekuensi politik dan keinginan pemerintah yang selalu mengatas namakan perlindungan rakyatnya. Dimana didalamnya terdapat undang-undang, peraturan, dengan adanya pertumbuhan kelompok dengan kepentingan khusus.
  6. Kekuatan lingkungan sosial/budaya, ini juga mempunyai peranan penting, disebabkan oleh adanya tingkat kemapanan dari nilai budaya dasar, keberadaan sub kultur, dan pergeseran nilai budaya dalam lingkungan masyarakat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s