Contoh model keputusan manager pemasaran


Berikut ini beberapa contoh model keputusan yang dapat dan biasa dipakai oleh manager  pemasaran, yaitu:

  • BRANDAID, sebuah model bauran pemasaran fleksibel yang berfokus pada barang konsumsi yang dikemas dengan unsur dari produsen, pesaing, pengecer, pelanggan dan lingkungan umum.
  • CALLPLAN, sebuah model untuk membantu staf penjualan didalam penentuan pelanggan/calon pelanggan dalam periode tertentu.
  • DETAILER, salah satu model keputusan yang dipakai dengan menentukan pelanggan mana yang ditelpon dan produk apa yang mewakili dalam hubungan setiap telepon.
  • GEOLINE, sebuah model yang dirancang dengan pola pembagian wilayah penjualan dan pelayanan dengan syarat pemenuhan ketiga kriteria, yaitu: mempunyai beban kerja yang sama, mempunyai daerah yang berdekatan, dan semua wilayay bersifat rapat.
  • MEDIAC, sebuah model yang dipakai untuk membantu pemasang iklan memilih media dalam satu tahun.
  • PROMOTER, yaitu mengevaluasi promosi penjualan dengan menentukan tingkat penjualan dasar dan mengukur peningkatan penjualan.
  • ADCAD, yaitu mengusulkan jenis iklan yang digunakan bila telah diketahui tujuan pemasaran, karakteristik produk, pasar sasaran, dan situasi persaingan.
  • COVERSTORY, adalah memeriksa data penjualan sindikasi yang besar.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s