Kekuatan global dalam arena ekonomi


Dalam arena ekonomi global, perusahaan konsumen akan semakin dipengaruhi kekuatan-kekuatan global, yang meliputi:

  • Percepatan yang besar dalam transportasi, komunikasi dan transaksi keuangan internasional yang mengarah pada pertumbuhan dan investasi yang pesat.
  • Pengikisan bertahap terhadap dominasi dan daya saing internasional.
  • Munculnya blok-blok perdagangan dalam beberapa wilayah.
  • Masalah hutang yang sulit terpecahkan dan disertai peningkatan kerentanan sistem keuangan internasional.
  • Peningkatan penggunaan barter dan perdagangan imbal beli dalam menyokong transaksi internasional.
  • Pergerakan ke arah ekonomi pasar dan swastanisasi perusahaan milik negara.
  • Penyebaran gaya hidup global yang cepat.
  • Peningkatan kecenderungan perusahaan multinasional menjadi perusahaan trans-nasional.
  • Peningkatan jumlah aliansi strategis perusahaan lintas batas.
  • Peningkatan ketegangan dan konflik regional.
  • Pertumbuhan merek global cepat berganti dan disertai eliminasi beberapa merek global dalam otomotif, makanan, minuman, dan elektronik dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s