5 Teknik pemimpin sebagai mediator untuk tangani konflik


Dewasa ini terdapat 5 teknik yang dipakai oleh seorang pemimpin dalam menangani konflik,baik yang timbul antar individu maupun antar kelompok. Kelima teknik tersebut adalah:

  • Kompetisi, persaingan yang sehat antar individu atau kelompok merupakan daya dorong yang kuat untuk peningkatan prestasi kerja, produktifitas maupun inovasi. Tentu saja kepentingan yang diusung adalah kepentingan organisasi bukan kepentingan perorangan atau kelompok.
  • Kolaborasi, hal ini bisa dilakukan dengan efektif bila situasi yang dihadapi adalah memerlukannya jalan keluar yang integratif, dan sasaran yang ingin dicapai dapat menumbuhkan keinginan belajar dari pihak yang terlibat, serta penggabungan terhadap berbagai pandangan/ perspektif/gagasan yang beraneka ragam.
  • Kompromi, teknik ini dapat berhasil asalkan situasi konflik yang dihadapi mempunyai beberapa sifat, diantaranya yaitu: bilamana yang berseteru mempunyai mempunyai kekuatan yang sama, bersifat sementara dan mempunyai tujuan yang sama.
  • Pengelakan, dalam teknik ini akan berhasil bila saja situasi konflik yang dihadapi terdapat permasalahan yang kurang begitu penting dibandingkan dengan permasalahan yang perlu penanganan yang serius (genting), atau adanya orang yang lebih kompeten untuk menangani masalah ini dengan lebih efektif.
  • Akomodasi, dimana teknik ini dapat digunakan bila pihak yang terlibat dapat memberikan kepuasan dan pencapaian sasaran dengan efektif dengan mempertimbangkan minimalisasi kerugian yang diderita.

One response to “5 Teknik pemimpin sebagai mediator untuk tangani konflik

  1. terimakasih atas infonya….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s