Pertanyaan yang tepat dalam membangun kerangka strategis


Dalam rangka membangun suatu strategi yang jitu dan jelas, maka seorang pimpinan baiknya akan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Apa asumsi-asumsi tentang berbagai aspek lingkungan eksternal (demografis, ekonomis, politis, dan kompetitif) dan aspek lingkungan internal yang akan membimbing kita pada pengambilan keputusan strategis? Apa implikasinya bagi organisasi dari semua ini?
  2. Apa keyakinan dan nilai fundamental yang membimbing kita melakukan bisnis ini?
  3. Produk dan/atau jasa apa yang akan ditawarkan dan produk / jasa apa yang tidak akan ditwarkan?
  4. Kelompok pelanggan dan/atau kelompok pemakai akhir (end user) mana yang akan dilayani dan tidak akan dilayani?
  5. Pasar geografis mana akan dilayani dan tidak akan dilayani?
  6. Produkdan pasar mana yang memiliki potensi lebih besar untuk tumbuh?Mana yang memerlukan investasi yang paling besar?
  7. Keunggulan kompetitif mana yang memungkinkan untuk sukses?
  8. Kemampuan kunci apa yang harus dimiliki untuk memasukkan produk/jasa ke pasar serta yang mendukung keunggulan kompetitif?
  9. Hasil-hasil finansial yang bagaimana yang akan dicapai/diinginkan?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s