Kriteria penempatan tim strategis


Seorang pemimpin (chief executive) harus membentuk suatu tim yang handal dalam rangka penciptaan visi dan tujuan strategis. Dan biasanya tim tersebut terdiri dari 8 hingga 12 orang. Sedangkan kriteria yang yang dipandang perlu dalam penempatan orang di tim tersebut adalah sebagai berikut:

  • Orang-orang yang tepat; apakah calon anggota tim anda bekerja di jenjang terttinggi, dengan tanggung jawab yang besar? Akankah kepemimpinan mereka akan mengilhami bagian terbesar dalam organisasi?
  • Pertimbangan yang baik; apakah anda sudah mengidentifikasikan anggota tim yang mampu bergerak dan berfikir diluar analisis yang strategis berdasarkan fakta, insting dan pertimbangan yang baik?
  • Gairah dan keberanian; adalah dua kriteria kualitas bagi mereka yang memimpin dibandingkan dengan dengan mereka yang mengelola. Dengan kriteria ini anggota tim harus dapat menerima asumsi-asumsi yang cepat berubah, harus bisa mengatasi kerangka waktu yang luar biasa singkat dan harus siap menghadapi kondisi (keadaan) yang terburuk.
  • Kolaborasi; para anggota tim juga dituntut untuk dapat mengimbangi kegairahan mereka dengan kesediaan untuk berkompromi, menerima hasil proses yang rasional, kearifan dan solidaritas sesama anggota tim.
  • Kemampuan berfikir strategis; dan diatas semua itu semua anggota tim dituntut untuk mempunyai kemampuan berfikir secara strategis, sistematis dan tepat sasaran.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s