Komponen dasar penentuan Produktifitas Kerja


Disamping faktor-faktor teknis dari pengukuran produktifitas kerja, ada beberapa segi penentu keberhasilan produktifitas kerja, yakni:

 

  1. Tujuan / sasaran organisasi, yang dimaksud dalam hal ini adalah tujuan / sasaran akhir atau tujuan / sasaran antara. Sementara yang dimaksud dengan sasaran antara adalah semua sasaran / tujuan yang mendukung guna tercapainya sasaran / tujuan akhir.
  2. Perumusan visi dan misi, yang merupakan penginterpretasian dari sasaran / tujuan organisasi. Yang dimaksud dengan visi dalam hal ini adalah pernyataan pandangan secara eksplisit tentang bentuk masa depan organisasi yang dikehendaki. Dan yang dimaksud dengan misi dalam hal ini adalah sesuatu yang harus diemban oleh semua komponen organisasi berupa kegiatan pokok yang kesemuanya dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  3. Penentuan strategi organisasi, dengan ditetapkan visi dan misi suatu organisasi ini maka perlu ditentukan langkah apa / strategi apa yang akan digunakan organisasi tersebut agar tujuan utamanya berhasil dicapai.
  4. Pemanfaatan teknologi dan produktifitas kerja, tidak dipungkiri lagi dewasa ini perkembangan pesat akan teknologi dapat meningkatkan produktifitas kerja. Tentunya pemanfaatan teknologi ini adalah teknologi yang tepat guna bagi organisasi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s