Kekuatan yang mempengaruhi persaingan industri


Persaingan tidak hanya teradi antara sesama pesaing di bidang industri yang sama tapi juga berakar pada situasi ekonomi yang terjadi pada wilayah tersebut.

Dan kekuatan-kekuatan yang dapat mempengaruhi persaingan industri adalah sebagai berikut:

  1. Pelanggan (customer), dimana merupakan sumber utama dari pemasukkan perusahaan yang mempunyai daya tawar menawar tersendiri.
  2. Pemasok (supplier), merupakan pendukung utama dari produk yang akan ditawarkan sehingga kekuatan tawar menawar dari pemasok juga hal yang menjadi perhatian.
  3. Pendatang baru (new comer), biasanya para pendatang baru ini mempunyai segudang persiapan untuk bisa memasuki industri tertentu dimana inovasi dan kreatifitas merupakan andalan mereka.
  4. Produk pengganti (substitution product), pasar akan selalu ramai dengan barang pengganti. Hal ini dikarenakan keterbatasan umur suatu produk dan kondisi dari suatu ekonomi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s