Enam sumber utama hambatan masuk bagi pendatang baru


Bagi pendatang baru yang akan memasuki suatu industri tertentu, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan adanya reaksi dari pemain-pemain lama dari industri tersebut.

Adapun hambatan utama tersebut adalah:

  • Skala Ekonomis ini memaksa pendatang baru harus memikul biaya tinggi (cost disadvantage) terutaman dalam produksi, riset, pemasaran dan layanan serta distribusi.
  • Diferensiasi produk terjadi karena adanya identifikasi merek dimana dikaitkan dengan iklan, layanan, distribusi dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan modal yang cukup besar juga merupakan hambatan utama, karena adanya beberapa modal yang tidak kembali seperti iklan rintisan, riset pengembangan, sediaan dan juga penutup kerugian awal.
  • Hambatan biaya bukan karena skala yang dimaksud adalah biaya yang dikarenakan perjalanan usaha perusahaan, teknologi rahasia, akses bahan baku, subsidi pemerintah dan lain sebagainya.
  • Akses ke saluran distribusi dari perusahaan yang mapan merupakan hambatan bagi pendatang baru. Karena nya dibutuhkan usaha yang keras dan modal yang cukup besar untuk dapat mengamankan distribusinya.
  • Kebijakan pemerintah merupakan batu sandungan bagi pendatang baru, ini dikarenakan pendatang baru belum memahami seluk beluk regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga terkesan memihak pada industri yang sudah mapan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s