Enam sumber utama hambatan masuk bagi pendatang baru


Bagi pendatang baru yang akan memasuki suatu industri tertentu, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan adanya reaksi dari pemain-pemain lama dari industri tersebut.

Adapun hambatan utama tersebut adalah:

  • Skala Ekonomis ini memaksa pendatang baru harus memikul biaya tinggi (cost disadvantage) terutaman dalam produksi, riset, pemasaran dan layanan serta distribusi.
  • Diferensiasi produk terjadi karena adanya identifikasi merek dimana dikaitkan dengan iklan, layanan, distribusi dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan modal yang cukup besar juga merupakan hambatan utama, karena adanya beberapa modal yang tidak kembali seperti iklan rintisan, riset pengembangan, sediaan dan juga penutup kerugian awal.
  • Hambatan biaya bukan karena skala yang dimaksud adalah biaya yang dikarenakan perjalanan usaha perusahaan, teknologi rahasia, akses bahan baku, subsidi pemerintah dan lain sebagainya.
  • Akses ke saluran distribusi dari perusahaan yang mapan merupakan hambatan bagi pendatang baru. Karena nya dibutuhkan usaha yang keras dan modal yang cukup besar untuk dapat mengamankan distribusinya.
  • Kebijakan pemerintah merupakan batu sandungan bagi pendatang baru, ini dikarenakan pendatang baru belum memahami seluk beluk regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga terkesan memihak pada industri yang sudah mapan.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s