Kelompok pembeli yang kuat


Pembeli atau pelanggan dapat juga menekan harga, menuntut kualitas barang yang tinggi, menuntut layanan yang prima serta dapat juga mengadu domba sesama anggota industri.

Berikut ini terdapat beberapa kelompok pembeli yang mempunyai kekuatan untuk melakukan hal tersebut, yakni:

  1. Pembeli terkonsentrasi atau membeli dalam jumlah (volume) yang besar, sehingga menyebabkan ancaman yang tinggi pelaksanaan persediaan produk atau timbulnya biaya ekonomi tinggi.
  2. Produk yang dibeli berasal dari industri yang bersifat standar atau tidak terdiferensiasi sehingga dapat menyebabkan adanya adu domba di sesama industri tersebut.
  3. Produk yang dibeli merupakan produk komponen penting dari produk pembeli dan merupakan komponen biaya yang cukup besar.
  4. Pembeli menerima laba yang rendah sehingga mendorong pembeli untuk menekan biaya pembeliannya.
  5. Produk industri tidak penting bagi kualitas produk atau jasa pembeli dan ini menyebabkan turunnya impresi pelanggan terhadap produk tersebut
  6. Produk industri tidak dapat melakukan penghematan bagi pembeli. Bila produk tersebut memberikan manfaat yang besar pada pelanggan, maka pembeli tidak terlalu peka akan harga dan mereka lebih peka terhadap mutu.
  7. Pembeli dapat melakukan integrasi balik terhadap pasar yang ada sehingga dapat menimbulkan posisi tawar menawar terhadap produk tersebut.

Dari semua pembagian kelompok pembeli di atas dapat menyebabkan tawar menawar untuk produk tersebut.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s