Faktor-faktor dalam persaingan tajam


Persaingan dalam industri yang terjadi karena pada dasarnya mereka berebut posisi dan berusaha untuk menguasai pangsa pasar yang ada. Dan umumnya mereka menggunakan taktik seperti : persaingan harga, introduksi produk, dan perang iklan

Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan persaingan tajam, yakni:

  1. Jumlah peserta persaingan banyak dan kurang lebih setara dalam hal ukuran dan kekuatan.
  2. Pertumbuhan industri yang lambat dapat menyulut perang untuk memperebutkan pangsa pasaar yang ada.
  3. Produk atau jasa tidak terdiferensiasikan dengan baik atau tidak membutuhkan biaya pengalihan.
  4. Biaya tetap yang tinggi atau produk bersifat mudah rusak sehingga mengundang keinginan kuat untuk menurunkan harga.
  5. Penambahan kapasitas harus dalam jumlah besar dapat menyebabkan over produk di pasaran sehingga dapat memicu persaingan.
  6. Hambatan keluar tinggi dimana produk yang ada di pasaran sudah jenuh dan over produk.
  7. Kondisi perusahaan yang berakuisisi atau bermerger dapat menyebabkan pasaran yang ada semakin terpolarisasi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s