Bagaimana mengidentifikasi pesaing ?


Dalam mengidentifikasi pesaing yang sudah ada dan pesaing potensial, eksekutif mempertimbangkan beberapa variabel penting seperti:

  • Bagaimana perusahaan lain dalam menetapkan batas cakupan pasar. Makin serupa batasan ini dengan batasan yang dibuat oleh perusahaan, maka makin besar kemungkinan satu sama lainnya memandang sebagai pesaing.
  • Sejauh mana kesamaan manfaat yang dirasakan oleh pelanggan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Makin serupa manfaat produk maka makin tinggi tingkat substitabilitasnya dan tingkat substitabilitas yang tinggi memaksa perusahaan saling bersaing dengan ketat.
  • Seberapa besar komitmen perusahaan terhadap industri tersebut? Dan untuk mengetahui komitmen ini dibutuhka data-data dan intelijen yang andal.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s