Mengidentifikasi pesaing merupakan hal yang penting dalam pengembangan strategi, tetapi ini sarat akan ketidakpastian dan resiko yang tinggi. Sehingga timbul berbagai kesalahan dan harus dibayar dengan mahal oleh eksekutif.
Kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:
- Terlalu memperhatikan pesaing yang ada dan sudah diketahui dan kurang memperhatikan calon pendatang baru
- Terlalu memperhatikan pesaing besar dan mengabaikan pesaing kecil.
- Mengabaikan pesaing internasional potensial.
- Menganggap bahwa perilaku pesaing akan sama seperti pada masa-masa yang lalu.
- Salah membaca isyarat yang mungkin menunjukkan aanya perubahan fokus pesaing atau penyempurnakan strategi atau taktik mereka.
- Terlalu menekan pada aset sumber daya keuangan, posisi pangsa pasar
- Menganggap semua perusahaan dalam industri menghadapi kendala dan memiliki peluang yang sama.
- Percaya bahwa tujuan strategi adalah mengalahkan pesaing, bukan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.