Kesalahan yang lazim dalam mengidentifikasi pesaing


Mengidentifikasi pesaing merupakan hal yang penting dalam pengembangan strategi, tetapi ini sarat akan ketidakpastian dan resiko yang tinggi. Sehingga timbul berbagai kesalahan dan harus dibayar dengan mahal oleh eksekutif.

Kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terlalu memperhatikan pesaing yang ada dan sudah diketahui dan kurang memperhatikan calon pendatang baru
  • Terlalu memperhatikan pesaing besar dan mengabaikan pesaing kecil.
  • Mengabaikan pesaing internasional potensial.
  • Menganggap bahwa perilaku pesaing akan sama seperti pada masa-masa yang lalu.
  • Salah membaca isyarat yang mungkin menunjukkan aanya perubahan fokus pesaing atau penyempurnakan strategi atau taktik mereka.
  • Terlalu menekan pada aset sumber daya keuangan, posisi pangsa pasar
  • Menganggap semua perusahaan dalam industri menghadapi kendala dan memiliki peluang yang sama.
  • Percaya bahwa tujuan strategi adalah mengalahkan pesaing, bukan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s