Performansi adalah cacatan outcome yang dihasilkan dari fungsi suatu pekerjaan tertentu atau kegiatan selama suatu periode waktu tertentu. (Bernandin & Russell). Sedangkan yang dimaksud dengan penilaian performansi adalah suatu cara mengukur kontribusi-kontribusi dari individu-individu anggota organisasi kepada organisasinya. (Kae E. Chung & Leon C. Megginson).
Tujuan dari penilaian performansi terbagi atas dua macam, yakni :
- Untuk me-reward performansi sebelumnya, dan
- Untuk memotivasikan perbaikan performansi pada yang waktu yang akan datang.
Ada 2 syarat utama yang diperlukan untuk melakukan penilaian performansi yang efektif, yaitu:
- Adanya kriteria performansi yang dapat diukur secara objektif,
- Adanya objektifitas dalam proses evaluasi.
Pingback: MAKALAH Model etika dalam bisnis sumber nilai etika dan faktor-faktor yang mempengaruhi etika manajerial –
Pingback: Minggu ke-3 Model Etika dalam Bisnis, Sumber Nilai Etika dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Etika Manajerial | yanwariyanidwi
Pingback: Blog Simpel Aja