Faktor-faktor internal yang harus dimasukkan demi keberhasilan strategi :
- Proses-proses bisnis: Proses yang menggambarkan bagaimana pekerjaan dilakukan, baik proses yang ber-interface dengan para pelanggan dan pemasok, maupun proses yang lebih terfokus pda kepentingan internal.
- Tujuan: Ukuran sukses finansial dan non finansial bertolak dari strategi yang dipancarkan ke seluruh organisasi, yang mendukung penilaian terhadap performa tim dan individual.
- Kemampuan manusia: Ketrampilan dan pengetahuan dari angkatan kerja.
- Struktur organisasi: Pengelompokan tanggung jawab dan hierarkhi berdasarkan fungsi, pelanggan, produk maupun proses.
- Manajemen informasi/ pengetahuan: Data yng dihimpun, dianalisis, disebarkan dan diaplikasikan untuk mendukung penciptaan nilai oleh organisasi.
- Budaya: Efek gabungan dari perilaku, nilai-nilai, warisan, pola pikir, dan hubu-ngannya serta caranya semua ini ditanamkan dalam suatu organisasi dan bagaimana performanya?