Study Kasus Management


Anda punya kasus yang berkaitan dengan management, silahkan sharing di halaman ini. Mudah-mudahan dapat terselesaikan permasalahan anda atau anda dapat mengambil pelajaran dari kasus-kasus yang ada. Makasih.

6 responses to “Study Kasus Management

  1. ass.
    cara mudah membuat makalah rasio keuangan, gmna sih?

  2. Henky Hendrawan

    Kasus ini adalah kasus antara pasien dengan sebuah rumah sakit.
    Saya tidak menyoroti permasalahan yang terjadi, akan tetapi yang menjadi soal adalah management dari Rumah Sakit tersebut. Entah apa menjadi dasar keputusan dari pihak RS hingga berkuasa untuk mengambil tindakan meminta aparat untuk melakukan penahanan atas pasien (walaupun saat ini pasien tersebut mungkin telah dibebaskan).
    Secara perilaku manajemen, mungkin hal ini dibenarkan dengan anggapan telah merusak citra nama baik sebuah rumah sakit. Akan tetapi bila ditilik lebih dalam dari sudut pandang management, maka akan terdapat beberapa permasalahan, yaitu:
    1. Kurangnya profesionalisme di dalam internal manajemen RS, baik itu di bagian pimpinan stafnya, bagian lab, ataupun dokter.
    2. Tidak adanya komunikasi internal yang seharusnya dilakukan antara bagian lab dengan dokter sebelum diberitahukan ke pasien.
    3. Tidak adanya cek dan recek di bagian lab, yang mana mungkin saja tertukar antara data satu pasien dengan data pasien yang lainnya.
    4. Tidak adanya kejelasan aturan main yang harus disepakati oleh manajemen RS, dokter dan pasien.
    5. Ketidak tahuan atau ketidaksadaran manajemen bahwa dewasa ini yang namanya info itu mempunyai efek spiral apalagi di dunia maya. Dan ini harusnya dari awal menjadi perhatian dari pihak manajemen.
    6. Anjuran untuk DEPKES, APARAT BERWAJIB, dan PENGADILAN, adalah perlu aturan undang-undang dan pengawasan yang terpadu yang saling menguntungkan (win-win solution).

  3. assallamualaikum wr.wb
    saya mau tanya:
    apakah permintaan yang negatif tersebut ada kontradiksi dengan imlementasi dalam pemasaran?

    • Henky Hendrawan

      Permintaan negatif bisa saja terjadi bilamana salah dalam memilih pasar sasaran atau target pelanggan. Dengan pengertian bahwa yang kita pasarkan adalah sesuatu yang tidak disukai oleh pelanggan kita atau mungkin produk kita sesuai dengan keinginan pelanggan tapi cara kita memasarkan tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Sehingga yang ada adalah penolakan terhadap produk kita.

  4. assalamualaikum wr.wb
    langsung aja ya,saya ada pertanyaan:
    1.bagaimana cara mengubah permintaan yang tadinya negaif menjadi suatu permintaan?
    2.apakah permintaan negatif tersebut ada kontradiksi dengan pelaksanaan pemasaran?
    terimakasih

    • Henky Hendrawan

      Wa alaikum salam,
      Sederhana saja, pada awalnya permintaan itu dimulai dengan produk kita. Apakah produk kita sesuai dengan target pasar yang kita bidik apa tidak? Jadi yang perlu dilakukan adalah merevaluasi produk kita tersebut sesuai dengan target pasar.
      Yang kedua, mungkin saja permintaan negatif tersebut terjadi karena kesalahan kita dalam membangun strategi pemasaran, walaupun produk kita sudah sesuai dengan target pasar.
      Terima kasih dan mudah-mudahan membantu.
      Wassalam

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s