Pengaruh eksternal dalam memformulasikan strategi


Dalam fase pertama formulasi strategi, variabel dan pengaruh eksternal adalah sebagai berikut:

  • Varibel Lingkungan: Ekspektasi badan-badan pemerintahan dan badan-badan regulasi, komunitas lokal dan global dimana organisasi beroperasi, kecenderungan (trends) yang bersifat ekonomis dan teknologis, ancaman dan peluang, serta kecenderungan dalam masyarakat secara luas.
  • Para pemegang saham dan perusahaan induk: Hubungan timbal balik antara perusahaan dengan mereka yang menyumbang pada kemampuan finansial organisasi dan pada keuntungan dari hasil-hasil finansial.
  • Para pelanggan dan pasar: Hubungan timbal balik antara mereka yang mempunyai kebutuhan yang kemungkinan besar dipenuhi oleh organisasi dan produk serta jasa yang kemungkinan besar memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Para pemasok dan pemilik sumber daya: Sumber-sumber bahan baku dan komponen-komponen di luar organisasi, maupun teknologi, manusia, modal dan bahkan seluruh kemampuan yang di-outsource.
  • Para kompetitor: Lain-lain yang terlibat dalam menciptakan nilai yang sama. Persaingan terjadi baik di hulu (baik para pemasok/ sumber daya) maupun di hilir (bagi para pelanggan/pasar).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s