Hambatan penggunaan riset pemasaran


Beberapa faktor yang menghambat dalam penggunaan riset pemasaran,yaitu:

  • Konsepsi riset pemasaran yang sempit, ini karena adanya pandangan dari para manager yang memandang bahwa riset pemasaran hanyalah sebagai operasi pencarian fakta semata, tanpa didukung adanya definisi yang cermat dan alternatif keputusan.
  • Kemampuan peneliti yang tidak merata, dikarenakan masih adanya anggapan bahwa peneliti pemasaran masih kurang mampu dan tidak diberikannya kesempatan dan pelatihan yang lebih baik.
  • Hasil temuan riset pemasaran yang terlambat dan terkadang salah, ini juga dikarenakan bahwa para manager sangat membutuhkan informasi dari riset pemasaran dengan cepat dan akurat, sementara penelitian yang baik dan akurat membutuhkan waktu dan dana. Kalaupun ada, biaya untuk penelitiannya sangatlah mahal.
  • Perbedaan kepribadian dan penyajian, disebabkan adanya perbedaan gaya antara manager lini dengan peneliti pemasaran. Laporan peneliti sering dipandang abstrak, rumit, dan tentatif, sementara manager lini membutuhkan kenyataan, kesederhanaan dan kepastian.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s